Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop Part 1

Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop, Aplikasi Adobe Photoshop sangatlah populer dikalangan editor maupun fotografer, karena dalam proses editing ini menghasilkan hasil yang sangat memuaskan, karena terdapat beberapa fitur dan efek yang mampu memanipulasi suatu gambar sehingga tampak sangat menarik.

Seleksi foto menggunakan Adobe Photoshop terdapat berbagai cara, aplikasi ini memberikan fitur seleksi yang dapat memudahkan pengguna dalam proses seleksi foto, cara seleksi foto sendiri merupakan area gambar yang dipilih untuk dimanipulasi dan memungkinkan mengisolasi satu atau beberapa bagian sebuah gambar dengan memilih area tertentu sesuai dengan keperluan, yang mana dapat diedit dengan menambahkan efek atau filter pada bagian gambar.

Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop, Meskipun terkesan sangat bagus, namun ada beberapa pihak yang cukup kesulitan dalam melakukan proses editing pada aplikasi ini, karena fitur yang cukup banyak sehingga seorang pemula yang akan melakukan proses editing foto mengalami kesulitan atau bingung terutama dalam seleksi foto.

Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan seleksi foto pada aplikasi Adobe Photoshop:

Langkah 1 : Siapkan foto yang akan diseleksi sesuai dengan keinginan, berikut foto yang saya gunakan

Langkah 2 : Buka aplikasi Adobe Photoshop yang dimiliki, disini saya menggunakan Adobe Photoshop CS4

Langkah 3 : Pilih file -> open, lalu pilih foto yang telah disiapkan

Open gambar pada photoshop

Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop dengan Marquee Tools

Langkah 5 : Menggunakan Marquee Tool , pada tool ini terdapat 4 jenis yaitu Rectangular Marquee Tool, Elliptical Marquee Tool, Single Row Marquee Tool dan Single Column Marquee Tool, yang masing-masing nya memiliki kegunaan yang sama namun berbeda dalam hasil seleksi, untuk membuka keempat jenis tool ini, teman-teman dapat menekan pada icon segitiga kecil dipojok bawah kanan.

Marquee Tool

Langkah 6 : Menggunakan Rectangular Marquee Tool, klik pada icon tool atau menggunakan shortcut dengan menekan huruf (M) pada keyboard, tool ini dapat mengseleksi gambar dengan bentuk kotak.

Rectangular Marquee Tool

Langkah 7 : Menggunakan Elliptical Marquee Tool  klik pada icon tool atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan huruf (M) pada keyboard, fitur ini dapat mengseleksi gambar dengan bentuk bulat.

Elliptical Marquee Tool

Langkah 8 : Menggunakan Single Row Marquee Tool , klik pada icon tool atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan huruf (M) pada keyboard, fitur ini dapat mengseleksi gambar dengan bentuk garis horizontal.

Single Row Marquee Tool

Langkah 9 : Menggunakan Single Column Marquee Tool, klik pada icon tool atau dapat menggunakan shortcut dengan menekan huruf (M) pada keyboard, fitur ini dapat mengseleksi gambar dengan bentuk garis vertical.

Single Column Marquee Tool

Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop dengan Lasso Tools

Langkah 10 : Menggunakan Fitur Lasso Tool, atau dapat menggunakan shortcut (L) pada keyboard, pada tool ini terdapat 3 jenis yaitu Lasso tool, polygonal lasso tool, dan magnetic lasso tool, yang masing-masing nya memiliki kegunaan yang sama namun berbeda dalam langkah seleksi, untuk membuka ketiga jenis teman-teman dapat menekan pada icon segitiga kecil dipojok bawah kanan.

Lasso Tools

Langkah 11 : Menggunakan Lasso Tool  atau dapat menggunakan shortcut (L) pada keyboard, cara ini dapat mengseleksi dengan bentuk sesuai dengan gambar, caranya dengan menekan klik kiri pada touchpad atau klik kiri pada mouse lalu arahkan sesuai dengan gambar yang akan di seleksi.

Lasso Tool

Langkah 12 : Menggunakan fitur Polygonal Lasso Tool  , caranya sama dengan lasso tool hanya menekan klik kiri pada touchpad atau klik kiri pada mouse lalu arahkan sesuai dengan gambar yang akan di seleksi step by step.

Polygonal Lasso Tool

Langkah 13 : Menggunakan Magnetic Lasso Tool  atau dapat menggunakan shortcut (L) pada keyboard, cara ini dapat mengseleksi dengan bentuk sesuai dengan gambar, caranya dengan menekan klik pada gambar yang akan di seleksi dan arahkan sesuai gambar maka tool ini akan mengikuti bentuk gambar sesuai dengan warna.

Magnetic Lasso Tool

Sekian artikel tentang Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop part 1, untuk melihat artikel Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop part 2 nya silahkan kunjungi duniazen.com

Terima kasih, semoga bermanfaat 🙂

Baca Juga

Cara Seleksi Foto Menggunakan Adobe Photoshop Part 2

Cara Mengganti Background Foto di Photoshop Part 1

Leave a Comment